TIps Belajar "Stay Focus"


Ketika memasuki kehidupan kampus, biasanya seseorang akan dikejutkan dengan realita menjadi seorang mahasiswa dimana setiap minggunya selalu dibebani dengan tugas yang menumpuk, kuis, projek individu atau kelompok, presentasi dan sebagainya. Nah, hal  yang paling menjadi momok bagi mahasiswa adalah waktu-waktu menjelang ujian semseter. Apalagi dengan kategori mahasiswa dengan segudang kesibukan aktivitas kampus maupun organisasi, kita dituntut untuk pandai-pandai memanfaatkan waktu belajar menjelang ujian semester. Berikut ini beberapa tips belajar yang efektif agar kita “stay focus” pada apa yang kita pelajari menjelang ujian akhir semester tiba.
  • Set segala keperluan belajar di atas meja belajar!

Set segala keperluan belajar di atas meja belajar. Sediakan kopi atau teh bagi kalian yang menyukainya, atau air putih agar badan kita tetap fresh saat sedang belajar dan terhindar dari rasa kantuk. Siapkan segala perlengkapan alat tulis, laptop, serta bahan atau materi yang digunakan untuk belajar. Intinya, siapkan segala keperluan untuk belajar di atas meja belajar. Dengan demikian tidak ada alasan lagi bagi kita untuk beranjak dari meja belajar saat sedang belajar hanya karena ingin membuat kopi atau mengambil ini dan itu.
  • Jangan lupa matikan handphone

Matikan handphone dan jauhkan dari jangkauan kita saat sedang belajar. Sehingga tidak mengganggu kita saat sedang fokus belajar.
  • Setel instrumen musik relaksasi.

Hal ini memang bergantung pada ciri masing-masing individu. Tetapi bagi sebagian orang, dengan mendengarkan instrumen musik relaksasi, dapat membantu otak kita agar lebih mudah menangkap materi.
  • Buatlah catatan-catatan kecil dan review materi kuliah.

Untuk suatu program studi yang memang penuh dengan materi-materi teoritis, membuat  catatan kecil ini perlu dilakukan untuk membantu proses menghafal. Kemudian, review-lah materi-materi yang bersumber dari kuliah dengan dosen.
  • Persiapkan waktu belajar, jangan belajar terlalu mepet waktu ujian.

Dalam hal ini memang membutuhkan komitmen yang berkelanjutan untuk meluangkan waktu belajar setiap harinya. Lebih baik belajar sekitar 2-3 jam sehari secara kontinyu, daripada belajar semalaman penuh saat menjelaang hari H ujian.

Itulah tips-tips belajar bagi mahasiswa agar tetap fokus saat ujian semester tiba. Semoga bermanfaat.

Comments