Tips Berbenah Ala KonMari

Pernahkah kita berada dalam kondisi stress yang diakibatkan oleh suasana rumah ataupun kamar yang berantakan? Pernahkah kita berbenah secara gila-gilaan, lalu beberapa hari kemudian kita mendapati kamar, rumah ataupun ruang kerja kita kembali acak-acakan? Lalu dengan serta merta kita menyalahkan dan meyakinkan diri dengan kalimat “Saya memang tidak pandai berbenah!”
Marie Kondo (KonMari, begitu ia biasa dipanggil) memperkenalkan metode berbenah yang ampuh tiada duanya. Terdengar mustahil memang, tapi begitulah kenyataan para klien KonMari yang telah mencoba metode berbenah ala KonMari. Tujuan dari metode berbenah ini adalah agar hanya barang-barang yang membangkitkan kegembiraan saja yang berada di sekeliling kita. Berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk decluttering rumah ataupun tempat tinggal kita.
1.    Mulailah dengan membuang semuanya sekaligus, tanpa ampun dan sampai tuntas.
Ada dua aktivitas yang harus dijalankan. Pertama membuang dan kedua memutuskan hendak menyimpan barang dimana. Buang semua barang yang tidak diperlukan hingga tuntas. Caranya, dengan menyeleksi barang satu per satu apakah barang tersebut membangkitkan kegembiraan atau tidak.
2.   Berbenah berdasarkan kategori bukan tempat.
Orang sering menyimpan jenis barang yang sama dilebih dari satu tempat. Maka, benahilah barang berdasarkan kategorinya agar kita tidak mengulangi membenahi barang yang sama di berbagai tempat. Contoh: kategori pakaian, buku, kertas, foto, barang bernilai sentimental, dan lain-lain.
3.   Menyimpan barang dengan tatanan sesederhana mungkin.
Agar lebih sederhana, simpan barang secara vertikal, jangan ditumpuk, karena menumpuk sangat memakan tempat. simpan barang dengan tatanan sesederhana mungkin agar kita bisa mengetahui seberapa banyak barang yang kita miliki. Kemudian jangan menyimpan barang di tempat yang tersebar-sebar.
4.   Apresiasi barang-barang anda untuk memperoleh kinerja andal.
Rawatlah barang milik kita dengan penuh kasih sayang. Karena sadar atau tidak, barang-barang kita sudah bekerja sangat keras untuk kita, menjalankan peran mereka masing-masing untuk menyokong hidup kita setiap harinya. Ketika kita memperlakukan barang dengan baik, maka kita akan memperoleh kinerja yang baik dari barang tersebut.
5.   Dikelilingi oleh hal-hal yang membangkitkan kegembiraan, niscaya akan membahagiakan anda.
Ada dua jenis benda yang mesti anda pertahankan. Yaitu jika anda dapat mengatakan, “Aku betul-betul menyukai ini!” tanpa keraguan sedikitpun, tak peduli apa kata orang. Karena dikelilingi oleh hal-hal yang anda cintai adalah kebahagiaan paling luar biasa dalam hidup. Anda hanya perlu menyingkirkan apapun yang tidak menyentuh hati anda, untuk mencapai ketentraman batin.
Itulah tadi beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk decluttering tempat tinggal kita sebagai implementasi dari gaya hidup minimalis. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!


Comments