8 Tips Sehat Bangun Pagi


Kesibukan aktivitas kuliah maupun pekerjaan terkadang membuat kita lupa untuk menjaga kebugaran tubuh. Padahal, sangatlah penting untuk menjaga kebugaran tubuh sebagai investasi kesehatan di masa tua nanti. Bangun pagi adalah saat yang tepat untuk memulai aktivitas kebugaran tubuh. Dengan bangun pagi, akan membuat tubuh kita terasa fit dan membawa energi positif untuk kita melakukan aktivitas padat sehari-hari. Berikut 8 tips sehat bangun pagi yang dapat kita lakukan untuk menjaga kebugaran tubuh.
  • Bangun pagi sekali.

Bangunlah pada jam 3-4 pagi. Karena waktu tersebut adalah waktu yang paling baik untuk mengembalikan kebugaran tubuh setelah bangun pagi. Dengan bangun pagi-pagi buta, kita jadi memiliki banyak waktu untuk melakukan lebih banyak aktivitas di pagi hari, serta dapat mencegah penuaan dini.
  • Berdoa sebentar setelah bangun pagi.

Setelah bangun pagi, jangan lupa luangkan waktu untuk sejenak memejamkan mata dan berdoa sebagai tanda rasa syukur kepada Tuhan karena telah diberikan nikmat sehat sehingga bisa bangun di pagi hari.
  • Minum air putih.

Minum air putih sangatlah penting setelah bangun pagi untuk menyegarkan tubuh dan menghilangkan rasa kantuk. Minum air putih setelah bangun pagi juga memiliki manfaat untuk membersihkan saluran pencernaan dan menstabilkan proses metabolisme.
  • Rencanakan hal yang ingin dilakukan pada hari ini.
Buatlah planning tentang berbagai hal yang ingin kita lakukan pada hari ini, agar hidup kita menjadi lebih teratur dan terhindar dari stress.
  • Mandi pagi-pagi sekali.

Mandi pada saat pagi buta sangat bermanfaat untuk menyegarkan dan meyehatkan tubuh, serta dapat mengusir rasa kantuk. Ingatlah untuk mandi dengan air dingin.
  • Meditasi sederhana.

Lakukan meditasi sederhana untuk melepaskan stress dan kepenatan dengan cara duduk bersila, kemudian pejamkan mata anda, tenangkan pikiran, tarik nafas dalam-dalam, lalu hembuskan perlahan. Imajinasikan hal-hal yang positif untuk menambah semangat beraktivitas. Ulangi hingga beberapa kali. Lakukan selama 3-5 menit. Meskipun sederhana, tapi meditasi ini dapat menenangkan pikiran sebelum kita mehadapi kesibukkan pada hari ini.
  • Cahaya matahari pagi.

Setelah bangun pagi, bukalah jendela anda agar sinar matahari dan udara pagi yang sejuk memenuhi ruang kamar.
  • Sarapan sehat.

Konsumsilah sarapan sehat berupa makanan yang. Hindari makanan yang berkarbohidrat tinggi karena akan membuat gula darah cepat naik. Campuran Yogurt dengan buah-buahan seperti pisang, alpukat, strawberri, sereal, dan segelas susu dapat menjadi pilihan yang baik untuk sarapan karena rendah karbohidrat.

Comments