7 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Untuk Mengawali Gaya Hidup Minimalis



Mark Zuckerberg, ya! Kalian pasti tahu kan? Penemu aplikasi Facebook ini ternyata seorang penganut gaya hidup minimalis. Bayangkan, seorang pengusaha yang teramat sukses dan terkenal di dunia pun sangat menghargai apa arti keserdahanaan. Dengan menjadi orang yang sederhana dalam kepemilikan suatu barang, orang menjadi lebih mudah untuk menikmati dan memaknai arti hidup yang sesungguhnya. Bayangkan saja, kita hidup di zaman urban yang mengharuskan kita untuk membeli barang-barang untuk mengikuti tren semata dan membuat kita selalu merasa khawatir jika tidak bisa membeli barang-barang tersebut. Untuk kalian yang masih bingung memulai bagaimana caranya untuk menjadi seorang minimalist, berikut 7 tips ampuh untuk mengawali gaya hidup minimalis.
  • Rumah yang sederhana.

Tinggallah disebuah rumah mini. Bagi yang sudah berkeluarga bisa menyesuaikan dengan kaasitas. Karena, semakin sempit area rumah yang kita miliki, maka semakin sedikit waktu dan tenaga yang diperlukan untuk membersihkan dan merapikannya.
  • Memiliki barang yang paling fungsional.

Milikilah barang-barang yang memang benar-benar dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari. Jangan membeli barang-barang yang tidak penting sekadar untuk hiasan atau pajangan semata.
  • Pakaian secukupnya.

Memiliki pakaian secukupnya sangatlah perlu, untuk menciptakan lemari pakaian yang rapi dan tidak penuh sesak. Belilah pakaian yang memang dibutuhkan jangan mengikuti nafsu atau hasrat ingin membeli pakaian yang memag sedang ngetren pada saat itu.
  • Perputaran barang baru yang lebih lamban.
Gunakanlah suatu barang hingga benar-benar rusak dan tidak dapat lagi dipakai sehingga perputaran untuk membeli barang baru jadi lebih lamban. Gunakan dan rawatlah barang-barang kita dengan sebaik mungkin agar tidak mudah rusak.
  • Gunakan transportasi umum atau jalan kaki.

Menggunakan transportasi umum sangat dianjurkan. Dengan menggunakan transportasi umum, kita jadi ikut berkontribusi untuk  mengurangi polusi udara yang disebabkan karena kendaraan bermotor. Selain itu, jalan kaki lah apabila tempat yang kita tuju memang memiliki jarak yang dekat asalkan waktunya efisien. Dengan berjalan kaki, kita juga dapat berinteraksi dengan orang yang kita temui di jalan.
  • Menabung untuk biaya tak terduga.
Dengan kita hidup minimalis, dengan membeli barang yang hanya kita perlukan maka kondisi keuangan kita akan benar-benar terkontrol sehingga memiliki banyak sisa utuk ditabung.
  • Bersyukur yang terpenting.

Yang terakhir dan paling penting adalah selalu bersyukur dengan segala apa yang kita punya. Jangan pedulikan orang lain yang memiliki segalanya hanya karena mengikuti tren semata. Rawatlah segala benda yang kita punya sebagai bentuk respect terhadap barang-barang yang kita miliki.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat kita terapkan untuk mengawali gaya hidup minimalis. Awali dengan niat yang bersungguh-sungguh, agar tujuan hidup kita di dunia ini dapat tercapai. Selamat mencoba!

Comments